Profil Masyarakat

Profil Masyarakat Desa

a.   Sosial

Kegiatan sosial masyarakat di Desa Sumberbening, diantaranya: kerja bakti (gotong royong), pengajian-pengajian, yasinan, siskamling, TAGANA, karang taruna, PKK, posyandu, arisan, kelompok tani, kelompok ternak,  TPA, dan lain-lain. Sikap kegotongroyongan, kerukunan, kepedulian dan kebersamaan masih dijunjung tinggi di Desa Sumberbening.

b.   Budaya

Masyarakat Desa Sumberbening masih melestarikan adat budaya warisan nenek moyang bangsa Indonesia, khususnya kebudayaan jawa Kraton Solo.  Dalam kehidupan sehari-hari, tercermin perilaku budaya Jawa Islam dengan tata karma yang sangat dijunjung tinggi, seperti adat bertamu, adat bertutur kata, adat berpakaian, adat bermusyawarah dan sebagainya.

Berbagai kegiatan budaya masih sering dilaksanakan di Desa Sumberbening, diantaranya: nyadran, tirakatan, kenduri, sholawat barjanji, jathilan, sholawat versi jawa, gejog lesung dan lain-lain. Selain itu, di Desa Sumberbening setiap tahunnya diselenggarakan acara acara nyadran  desa (bersih desa) yang dilaksanakan pada Hari Jumat Pahing setahun sekali . Dalam acara ini diadakan acara syukuran yang dilaksanakan di Sendang Cojoban Sendang Kembar. Untuk masyarakat yang sekitar rumahnya ada juga dilakukan nyadran di tempat bersumbernya air, sebagai wujud dan memelihara sumber air.  

c.  Keadaan Ekonomi

Potensi perekonomian di Desa Sumberbening cukup beragam di berbagai sektor, antara lain: pariwisata, pertanian, peternakan, perikanan dan industri kecil. Desa Sumberbening memiliki obyek wisata yang cukup potensial yaitu Waduk Sangiran  . Adapun hasil pertanian yang menjadi komoditas unggulan Desa Sumberbening, diantaranya adalah padi, jagung, kacang tanah, ubi kayu, kedelai dan ubi jalar. Selain pertanian, kegiatan peternakan juga dikembangkan di Desa Sumberbening, yaitu Untuk kegiatan perikanan adalah budidaya ikan gurami, lele, patin dan lain lain

Potensi perekonomian yang lain adalah industri kecil. Komoditas industri kecil yang ada di Desa Sumberbening, diklasifikasikan menjadi tiga golongan yaitu komoditas unggulan, komoditas andalan dan komoditas yang diunggulkan.

Hasil industri kecil tersebut, adalah sebagai berikut:

  • Komoditas unggulan adalah mebel dan keramik;
    • Komoditas andalan adalah kerajinan JAVA GEDEG, kerajinan kayu
    • Komoditas yang diunggulkan pengolahan hasil ikan (contohnya: wader goreng, lele ,, mangut lele, dll)
    • Komoditas kuliner Ingkung Ayam Jawa: terdapat warung ingkung ayam jawa
    • Hasil industri kecil ini dipasarkan baik di tingkat lokal dan nasional bahkan untuk pasar internasional, seperti hasil kerajinan yang diekspor ke Jepang, Australia, dsb.

d.   Pertanian dan Peternakan

Komoditas unggulan : Padi, jagung, kacang, ubi kayu,ubi jalar, Sapi, kambing, ayam, nila, mujahir, gurami dan lain lain